FINDING DORY (2016)

Sinopsis Finding Dory (2016) – Review Finding Dory (2016) Bahsa Indonesia

Intro :

Sekuel lanjutan dari film sebelumnya yaitu Finding Nemo,namun kali ini fokus menceritakan Dory,seekor ikan yang menderita short-term memory,yang membuat nya sangat mudah lupa ingatan. Pada suatu ketika,ia bertugas menjadi asisten Mr.Ray mengajar anak-anak di kelas,dan pada saat pelajaran mengenai migrasi ikan pari,tiba-tiba saja ia teringat akan memory saat ia terpisah dari orang tua nya. Dan satu hal yang ia ingat adalah sebuah nama tempat yaitu,Permata Moro Bay,California. Hanya bermodalkan nama tempat Dory pun berniat pergi ke tempat tersebut untuk mencari orang tua nya,tentu saja tidak sendirian karena Marlin dan Nemo pun ikut menemaninya.

Migrasi Ikan pari

Plot :

Mereka berangkat menuju california dibantu oleh Crash dan Squirt melewati arus deras,sebelum mencapai California mereka sudah terlebih dahulu berurusan dengan cumi-cumi jahat,yang ingin memangsa mereka,dan Nemo nyaris saja menjadi mangsa dari si cumi-cumi tersebut. Tapi beruntung lah mereka berhasil lolos dari cengkeraman cumi-cumi tersebut. Marlin sangat marah terhadap Dory karena Nemo hampir saja menjadi korban,Nemo tidak terluka namun Marlin tetap saja khawatir,bahkan Dory pun tidak luput dari kemarahan Marlin,bahkan kata-kata kasar pun keluar dari mulut Marlin. Dory yang merasa bersalah pun mencoba mencari pertolongan untuk mengobati Nemo,namun naas dia malah tertangkap oleh Petugas Marine Life institute yang mengira kalau Dory sakit terkena limbah,karena memang pada saat melarikan diri dari cumi-cumi badan Dory tidak sengaja tersangkut sampah,dan sampah tersebut menempel di badan Dory.
Dory Tertangkap Petugas MLI

Dory pun akhirnya terpisah dari Marlin dan Nemo,Dory pun dibawa untuk dikarantina di Marine Life Institute,tempat penangkaran hewan-hewan laut yang sakit untuk diobati dan dilepaskan kembali ke laut saat sudah sehat. Disana Dory bertemu seekor gurita bernama Hank, Hank sendiri tertarik untuk menolong Dory karena melihat label pada sirip Dory yang dipasang oleh petugas marine life,karena biasanya yang memakai label tersebut akan di kirim ke sebuah akuarium besar di Cleveland. karena memang Hank sangat ingin pergi dan menetap di Aquarium Cleveland. Hank pun sepakat bekerja sama untuk mencari orang tua Dory,dengan imbalan label pada sirip Dory. Saat mereka mulai berusaha untuk mencari orang tua Dory secara tidak sengaja Dory bertemu dengan teman masa kecilnya yaitu Destiny (seekor ikan hiu paus yang rabun),mereka berdua sangat akrab karena sering berbincang-bincang saat kecil melalui sebuah pipa,itulah mereka menyebut satu sama lain dengan sebutan “teman pipa”. Dory pun mendapat bantuan dari Destiny dan juga Bailey teman dari destiny,Bailey sendiri adalah ikan paus yang mengalami gangguan pada kemampuan ekolokasi (mirip seperti telepati) karena kepalanya pernah terbentur. Dan dari mereka lah di dapat informasi bahwa dulu Dory tinggal di sebuah tempat yang bernama “Lautan terbuka”. Dory dan Hank pun mencari cara agar bisa masuk menuju sebuah bangunan yang bernama Lautan terbuka.
Bailey (kiri) dan Destiny (kanan)
Dan dilain tempat Marlin dan Nemo berusaha mencari Dory dengan bantuan dari dua ekor singa laut,dan juga dengan bantuan dari seekor burung bernama Becky. Namun tentu saja perjalanan mereka untuk mencari Dory sama sekali tidak mulus,karena mereka harus beberapa kali mengalami kesulitan,mulai dari tersangkut di pohon,kemudian masuk ke dalam akuarium penjual aksesoris dan mainan,sampai harus berjuang melompat dari pancuran air ke pancuran air lainnya.sampai akhirnya mereka berhasil masuk ke sebuah kolam kecil.

Di lain tempat Dory dan Hank pun harus bersusah payah menuju tempat yang bernama lautan terbuka tersebut karena memang penyakit short-term memory Dory malah membuat mereka semakin menjauh dari tujuan,bahkan mereka hampir celaka karena masuk ke dalam kolam yang yang merupakan tempat bermain anak-anak kecil.,mereka nyaris tertangkap,untunglah Hank mengeluarkan tinta sehingga anak-anak kecil jadi ketakutan dan berlarian,dan tanpa di sengaja ternyata tujuan mereka sudah di depan mata yaitu sebuah akuarium raksasa yang dinamai Lautan Terbuka. Hank pun segera mengantarkan Dory ke akuarium tersebut,dan tentu saja Dory pun memberikan label pada siripnya kepada Hank,disinilah mereka berpisah.

Dory pun akhirnya masuk ke dalam akuarium,dengan mengikuti jejak dari kerang,dory pun berhasil menemukan rumah nya,namun yang mengejutkan ternyata orang tuanya tidak tinggal lagi di rumah mereka,dan dari informasi yang didapatkan dari dua ekor kepiting,orang tua Dory pergi ke penangkaran untuk menyusul Dory dan sampai sekarang tidak pernah kembali lagi, Dory pun sangat sedih dan putus asa,dan tidak sengaja lagi Dory terseret ke dalam sebuah pipa yang berarus sangat deras,disana ia tersesat,dalam keputus asaan ia hanya bisa berteriak,dan tanpa disadari teriakan nya terdengar oleh Destiny,dan dengan bantuan dari Bailey yang menggunakan ekolokasi Dory pun di pandu agar bisa keluar dari pipa tersebut,namun tanpa disadari ada ikan lain yang juga berada dalam pipa tersebut.
Ya,mereka adalah Marlin dan Nemo yang juga nyasar dan masuk ke dalam pipa ini,dan mereka memutuskan untuk melanjutkan pencarian orang tua Dory yang di duga ada di karantina. Mereka berhasil menyusup masuk ke karantina,namun nyaris celaka karena masuk ke dalam ember untuk mengepel,untunglah tanpa di duga Hank muncul dan menyelamatkan mereka,Hank pun kembali membantu Dory untuk membawa nya ke dalam akuarium yang berisi ikan-ikan yang sejenis dengan Dory.

Setelah berhasil masuk,hal mengejutkan terjadi lagi,karena menurut para ikan-ikan tersebut,orang tua Dory telah lama pergi dari karantina ini dan tidak pernah terlihat kembali,dan digua mereka telah meninggal.
Dory yang terkejut mendengar hal tersebut pun shock,dan tanpa disadari para petugas pun memindahkan akuarium berisi ikan-ikan tadi ke dalam truk,Marlin dan Nemo ikut terbawa kedalam truk,tapi Dory berhasil dibawa dan diselamatkan Hank,sayangnya tanpa sengaja Dory malah terjatuh dan terbawa ke dalam saluran pembuangan yang membawanya menuju laut lagi.

Ending :

Dory yang putus asa dan sialnya ia kembali mengalami Short-term memory akhirnya melupakan semua kejadian yang menimpanya,Dory pun berjalan tanpa tujuan dan sama sekali tidak ingat apa-apa,
Saat itulah ia menemukan sebuah kerang,yang disusun berjajar membentuk sebuah jalan,Dory pun mengikuti kerang-kerang tersebut dan menemukan sebuah rumah,dan dari kejauhan tampak dua ekor ikan sedang berjalan ke arahnya sambil membawa kerang. 

Yap,tepat sekali,mereka adalah orang tua Dory, Jenny dan Charlie. Dory pun sangat senang akhirnya bisa bertemu dengan orang tuanya,Orang tuanya pun menceritakan bahwa mereka telah menghabiskan bertahun-tahun membentuk jejak kerang baginya dengan harapan bahwa suatu saat Dory akan menemukan mereka


Jejak kerang yang dibuat oleh orang tua Dory selama bertahun-tahun
Di dalam keharuan dan kebahagiaan Dory pun tiba-tiba teringat kembali kepada teman-teman nya, Namun truk yang membawa Marlin dan Nemo sudah mulai bergerak menuju cleveland,dan akhirnya dengan dibantu dengan Destiny,Bailey dan juga sekelompok berang-berang,Dory pun berhasil menghentikan truk dan mengeluarkan Marlin dan Nemo,namun lagi-lagi hal tidak terduga terjadi Dory masih terjebak di dalam truk bersama Hank,namun berkat ide cemerlang Dory mereka berhasil mengambil alih kendali atas Truk dan berkat kerja sama yang baik truk tersebut juga dapat dikendalikan oleh Hanks untuk dibawa kembali menuju laut.

Bukan hanya Dory dan juga Hanks yang berhasil kembali ke lautan,tapi juga ikan-ikan lainnya yang berada dalam Truk juga akhirnya bisa bebas kembali ke lautan.

Dan pada akhirnya,orang tua Dory pun tinggal bersama Dory,Marlin dan juga Nemo,termasuk Hanks,Bailey dan Dynasti.

Review :

Film yang sangat luar biasa,jalan ceritanya sangat seru,dan memang adegan-adegan lucu yang muncul sangat menghibur sekali,apalagi sosok Becky dan dua singa laut yang memang sangat konyol. Banyak nilai positif juga yang bisa di ambil dari film ini,seperti sifat pantang menyerah Dory yang luar biasa walaupun ia banyak sekali kekurangannya,atau sifat setia kawan dari Marlin dan juga Hanks,yang lebih mengutamakan persahabatan daripada dirinya sendiri. Tapi yang jelas nilai yang sangat di tonjolkan dalam film ini adalah sifat pantang menyerah dan kesetiakawanan.
Film yang sangat cocok untuk di tonton bersama keluarga.

10 thoughts on “FINDING DORY (2016)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *