The Secret Life of Pets (2016)

Sinopsis The Secret Life of Pets (2016) – Review The Secret Life of Pets (2016) Bahasa Indonesia

Intro :

Film ini menceritakan tentang Max,seekor anjing terier yang diadopsi oleh seorang wanita bernama Katie, Max sendiri dibuang oleh pemilik lamanya didepan sebuah toko saat Max masih sangat kecil, Katie pun mengadopsi Max dan membawanya pulang ke apartemen nya di Manhatan. Sejak saat itu mereka menjadi pasangan sahabat yang sejati, Bahkan saat katie bepergian maka Max akan setia menunggunya di depan pintu rumah sampai Katie pulang kerumah.
Max sendiri punya beberapa teman yang juga tinggal di lingkungan apartemen milik Katie, ada Gidget seekor anjing kecil jenis pomerian yang juga sangat menyukai Max, Chloe seekor kucing dengan badan yang sangat besar, Mel seekor anjing jenis Pug, Buddy seekor anjing jenis weenie dan Sweetpea seekor burung parkit.
Max saat dibuang oleh pemiliknya

Plot :

Kebahagian Max bersama Katie pun terusik,ketika Katie pulang dan membawa Duke,seekor anjing jenis bastar yang ukuran badan nya sangat besar. Katie memungut Duke dan mengizinkan nya untuk tinggal bersama-sama dengan mereka. Max sangat membenci Duke,karena merasa ia mengganggu kebersamaan nya dengan katie, Max pun memperlakukan Duke dengan kasar dan semena-mena, akibatnya Duke pun membalasnya dengan memperlakukan Max lebih kasar lagi.

Duke & Max
Hari-hari Max pun berubah drastis,apalagi saat Katie  pergi perseteruan diantara mereka sangat sengit,seperti saling berebut makanan. Pada akhirnya Duke menyerah setelah diancam oleh Max akan menghancurkan semua perabotan rumah dan akan memfitnah Duke yang melakukan semuanya.

Max berhasil mengalahkan Duke

Tapi perseteruan diantara mereka belum selesai sampai disini,saat Max dan Duke dibawa jalan-jalan oleh seorang pengurus hewan peliharaan, Duke berencana menyingkirkan Max, Ide pun muncul saat tali pengikat Max lupa dilepaskan oleh pengurus anjing tersebut, Duke pun menyeret Max dan membuang nya kedalam tong sampah di sebuah gang sempit. Namun hal yang tidak terduga terjadi sekelompok kucing liar yang dipimpin oleh Ozone kucing jenis sphinx bermunculan dan hendak menyerang Max dan Duke,bahkan tanda pengenal pada leher mereka pun berhasil dirampas oleh kucing-kucing liar ini.

Ozone (berwana pink) dan gang kucing liarnya

Duke mencoba menyelamatkan diri nya sendiri,namun baru saja hendak melarikan diri,hal tidak terduga datang kembali,para petugas pengendali hewan datang dan berhasil menangkap Max & Duke, sementara pra kucing-kucing liar yang lain berhasil kabur melarikan diri.
Max dan Duke pun diangkut dalam truk penampungan dan dikurung dalam satu kandang bersama,didalam truk itu juga terkurung Ripper seekor anjing pitbul yang cukup menyeramkan.
Duke sangat ketakutan kembali ke penampungan,karena sebelumnya Duke pernah tinggal dipenampungan sebelum akhirnya di adopsi oleh Katie.

Ripper
Beralih ke tempat lain, Gidget curiga karena Max tidak terlihat,dan menurut pengakuan dari Mel dan Buddy, Max menghilang dibalik semak-semak. Gidget yang memang sangat menyukai Max langsung bergegas memulai pencarian Max.
Kembali ke nasib Max & Duke,tiba-tiba secara tidak terduga muncul seekor kelinci bernama Snowball bersama babi dan seekor kadal menyerang petugas dan berhasil mengambil alih truk pengendali hewan tersebut, Ternyata mereka adalah “kelompok Hewan-hewan peliharaan terbuang” yang berusaha untuk membebaskan Ripper yang juga anggota mereka. Namun karena babi dan kadal tersebut tidak dapat mengendalikan truk dengan benar,truk tersebut pun mengalami kecelakaan,namun mereka semua selamat.

Snowball Dkk
Agar bisa dibebaskan juga oleh Snowball dari kurungan Max dan Duke pun berbohong,mereka mengaku sebagai hewan yang membenci manusia,bahkan Duke juga menambahkan ia membunuh majikannya, Snowball pun tertarik membebaskan mereka dan membawa mereka kembali ke markasnya di bawah tanah.
Kita kembali ke perjalanan Gidget dalam pencarian Max. Gidget secara tidak sengaja bertemu dengan seekor elang pemangsa,bernama Tiberius. Tiberius sendiri sangat buas dan hampir saja memangsa Gidget,namun untunglah kaki Tiberius dirantai oleh pemiliknya, Gidget pun marah dan menasehati tiberius atas kelakuan dan sikapnya yang buas, Tiberius akhirnya sangat menyesal. Gidget pun berjanji akan menjadi teman baik Tiberius apabila ia membantunya mencari Max, Tiberius yang memang tidak pernah mempunyai teman dalam hidupnya sangat bahagia mendengar tawaran dari Gidget. Tiberius pun berjanji akan membantu Gidget mencari Max.

Tiberius & Gidget
Kembali ke Max & Duke yang dibawa ke markas “hewan-hewan peliharaan yang terbuang” , Snowball memperkenalkan Max & Duke kepada semua anggota nya,yang terdiri dari bermacam-macam hewan mulai dari buaya,anjing,kucing dll. Snowball menyambut Max & Duke dengan sangat ramah,bahkan Snowball bermaksud merekrut mereka menjadi anggota baru, namun untuk menjadi anggota baru Max & Duke harus menjalani ritual sumpah setia,yaitu bersedia digigit oleh seekor Viper tua yang rabun dan bertaring satu.

Sebelum sempat tergigit, muncullah gerombolan kucing-kucing liar ozone,yang mengatakan kepada Snowball bahwa Max & Dude adalah hewan peliharaan, Snowball yang mengetahui hal tersebut kemudian marah dan menyuruh anggota nya untuk menangkap & membunuh Max & Dude,aksi kejar-kejaran yang sengit pun terjadi, dan secara tidak sengaja Max membuat ular viper tadi terbunuh karena tertimpa bangunan tembok yang runtuh.

Ekspresi kaget kelompok Snowball melihat Viper tertimbun tembok

Dan melewati saluran air Max dan rude berhasil kabur dari kelompok Snowball. Tapi tentunya hal tersebut semakin membuat Snowball sangat marah,karena mereka telah membunuh Viper yang dianggap suci oleh kelompok Snowball. Max dan Rude semakin jauh dari kelompok Snowball mereka menaiki sebuah kapal,tapi yang jadi masalah adalah,arah kapal tersebut tidak mengarah kerumah mereka,malah membawa mereka jauh dari rumah.

Kembali ke Gidget & Tiberius, Gidget membawa serta teman-teman yang lain untuk ikut serta membantunya mencari Max, walaupun sempat menolak akhirnya semua teman-teman Gidget ikut membantu mencari.
Tiberius berhasil menangkap Ozone,setelah diancam Gidget Ozone mengaku melihat Max & Rude dibawa ke gorong-gorong.
Dan Buddy pun mengusulkan untuk menemui Pops,seekor anjing tua cacat yang sangat tahu & kenal semua daerah di seluruh Manhatan. Mereka menemui Pops,dan berhasil memintanya untuk menunjukkan jalan menuju gorong-gorong,mereka pun berangkat bersama-sama.

Sementara itu Max & Duke malah tersasar kesebuah pabrik sosis,mereka pun masuk dan memakan sosis-sosis yang ada, dan disini Duke bercerita bahwa ia pernah punya majikan yang sangat baik kepadanya,sebelum akhirnya ia tersesat dan malah berakhir di tempat penampungan hewan liar,mendengar hal itu Max mencoba mengajak Duke untuk menemui majikannya tersebut,walaupun sempat ragu akhirnya Duke bersedia pergi bersama Max,sebelum mereka pergi keberadaan mereka diketahui pegawai dari pabrik sosis tersebut dan ia langsung mendatangkan petugas pengendali hewan, dan kali ini mereka berhasil lolos dari pengendali hewan tersebut.

Duke bersama majikannya yang lama
Sesampainya di rumahnya yang lama,Duke sempat heran dengan suasana yang sudah berubah dari rumah lamanya tersebut,dirumah lamanya terparkir mobil yang tidak pernah dikenalnya belum lagi ada seekor kucing yang tidur didepan rumah tersebut,dan kucing tersebut mengatakan bahwa pak tua yang dulu tinggal disini sudah tidak ada lagi,Duke sangat marah mendengar hal tersebut,tak lama kemudian pemilik rumah tersebut datang,Duke yang masih merasa kesal dan tidak percaya mencoba menyerang pemilik rumah tersebut,yang menyebabkan pemilik rumah jadi ketakutan dan menelpon pengendali hewan,tidak butuh waktu lama pengendali hewan datang,Max berhasil tertangkap namun Duke mengorbankan dirinya dengan menyerang petugas,Max berhasil kabur namun Duke tertangkap.
Merasa menyesal dan bersalah Max mencoba mengejar mobil pengangkut hewan liar tersebut,namun ternyata dijalan Max juga dikejar gerombolan Snowball yang mengejar. Namun saat truk berhenti mendadak gerombolan Snowball menabrak truk tersebut,yang mengakibatkan Tatoo (babi) teman dari Snowball tertangkap juga oleh pengendali hewan,melihat hal tersebut Snowball sangat marah dan mengajak Max untuk bekerja sama membebaskan teman-teman mereka.

Snowball & Max terpaku melihat teman-temannya dibawa pergi
Dengan akal licik nya Snowball berhasil membajak sebuah bus,bekerja sama dengan Max, Snowball berhasil mengendarai bus tersebut,Max yang menginjak pedal gas dan Snowball pada bagian mengendalikan setir,walaupun memang banyak mobil-mobil yang menjadi korban akibat sengaja ditabrak oleh Snowball.
Setelah diingatkan oleh Max barulah Snowball menghindari semua mobil-mobil yang melintas.
Kejar mengejar terjadi,sampai pada akhirnya Snowball menabrakkan bus tersebut kepada truk pengendali hewan yang mengakibatkan bus menjadi terguling di jalanan dan truk pengendali hewan tersebut jatuh dan tersangkut di sebuah pondasi jembatan.

Dan disaat yang tidak terduga gerombolan Snowball pun datang,melihat Snowball yang tidak berdaya mereka mengira Max lah yang melukai Snowball, Max berusaha menjelaskan namun gerombolan Snowball sudah terlanjur emosi,mereka mengepung Max, tidak ada lagi celah untuk melarikan diri bagi Max.

Dan disaat genting, Gidget dan teman-temannya pun datang,mereka menghajar semua gerombolan Snowball dengan berani,dan tidak butuh waktu lama mereka semua dikalahkan, tapi tunggu dulu ? bagaimana nasib mereka yang saat ini masih tersangkut di pondasi jembatan. Max yang sadar akan hal itu berusaha menolong mereka yang masih berada didalam truk, anggota Snowball berhasil mengeluarkan diri dari truk namun Duke tidak bisa keluar,karena kandang pengurung nya tidak bisa dibuka. Max dengan berani masuk ke dalam truk yang sudah hampir akan jatuh ke dalam laut, Max berusaha untuk membuka kurungan Duke dengan kunci yang telah ia gigit dimulutnya, namun sayang,truk tersebut meluncur bebas ke laut,dan kunci yang digigit Max pun terlepas dan mengambang di laut sementara truk berisi Max dan Duke tenggelam ke dasar laut.
Situasi sangat genting,air mulai masuk ke dalam truk,namun Max sama sekali tidak takut ia terus berusaha menyelamatkan Duke,ia berusaha menggigit kandang kurungan Duke namun sayang usaha tersebut tidak berhasil.

Ending :
Duke telah meminta Max untuk segera menyelamatkan dirinya sendiri,namun Max tidak menghiraukan hal tersebut ia tetap setia berada di dekat Duke,dan di saat kritis Snowball muncul dan melemparkan kunci kepada Max.

Max pun berhasil membuka kurungan Duke dengan kunci tersebut,mereka berdua pun naik ke permukaan dengan selamat. Disambut dengan riuh sukacita oleh teman-teman mereka dan juga gerombolan Snowball.

Mereka pun bersama-sama pulang kerumah,dengan menaiki taksi yang dikemudikan oleh Tatoo.
Max dan teman-teman pun diantar ke apartemen mereka oleh Snowball,mereka pun berpisah dengan gerombolan Snowball.
Namun sebelum Snowball sempat turun ke gorong-gorong seorang gadis kecil yang melihatnya menangkapnya,sempat mencoba melawan namun begitu dibelai Snowball malah tidak bisa berkutik lagi,Snowball pun dibawa gadis kecil tersebut untuk dijadikan hewan peliharaannya.

Hewan-hewan peliharaan pun kembali ke apartemennya,begitupun dengan Max dan Duke yang menunggu kepulangan Katie.

Tidak sampai disini saja,persahabatan antara hewan penghuni apartemen dengan para hewan-hewan terbuang tetap terjalin,mereka masih sering bertemu dan melakukan pesta bersama-sama.

Review :

Amazing,Film yang sangat luar biasa menurutku,karena ide dan konsep ceritanya sangat luar biasa dengan mengangkat topik  kehidupan hewan-hewan peliharaan disebuah apartemen.
Sepanjang film kita tidak akan berhenti dibuat tertawa dengan tingkah-tingkah konyol dari teman-teman Max, seperti Chloe kucing gendut dengan tingkah cueknya, Mel anjing pug yang hobi mengganggu tupai,belum lagi Tiberius yang sering terbawa instingnya untuk memangsa teman-teman Max lainnya.
Banyak hal positif dari film ini,mulai dari sikap egois Max yang ingin memiliki Katie sendirian sehingga menimbulkan konflik dengan Duke,yang pada akhirnya malah membuat dirinya dalam masalah,seandainya dari awal Max lebih bersikap friendly dengan Duke mungkin mereka tidak harus terseret kedalam masalah yang panjang,karena pada awalnya pun Duke cukup bersahabat dengan Max,walaupun dibalas Max dengan dingin. 
Meskipun terseret kedalam masalah yang rumit hal tersebut malah mengubah Max menjadi lebih perhatian dan peduli dengan Duke,apalagi setelah mengetahui masa lalu Duke yang sangat kelam.
Hal positif lain adalah tentang cinta dan pengorbanan,Gidget yang sangat menyukai Max rela meninggalkan apartemen nya yang nyaman untuk mencari Max, walaupun saya bilang teman-teman dari Gidget dan Max ini sangat tidak setia kawan, karena sempat menolak ajakan Gidget untuk mencari Max, sampai akhirnya mereka diingatkan akan kebaikan Max kepada mereka.
Hal lain yang tidak kalah penting adalah persoalan tentang hewan-hewan peliharaan yang terbuang,karena memang di Indonesia sendiri pun cukup banyak hewan-hewan peliharaan yang terlantar dan dibuang oleh pemiliknya,dan di Film ini dijelaskan bahwa manusia yang membuang mereka sangat menyakiti hati mereka bahkan menimbulkan dendam yang teramat dalam,bahkan sampai bisa mengubah kelinci yang sangat lucu seperti Snowball menjadi sangat kejam dan sadis.
Tidak ada kekerasan yang berlebihan di film ini,namun memang sangat disayangkan Viper tua yang merupakan kawanan Snowball sampai harus tewas tertimbun oleh tembok. Yah,walaupun memang seekor ular Viper bukanlah hewan yang baik.
Overall,ini film yang sangat menghibur dan sangat cocok ditonton bersama dengan keluarga.

4 thoughts on “The Secret Life of Pets (2016)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *