Kalau Enggak Mau Gagal Berbisnis Retail, Kamu Harus Menyiapkan 5 Hal Ini Dulu Di Awal

Ketika kamu memutuskan untuk resign dari pekerjaan dan memulai terjun dalam dunia bisnis retail tentu berbagai konsekuensi dan faktor-faktor yang ada harus bisa kamu pertimbangkan dengan baik, mengingat kamu masih sangat minim pengalaman.

Namun, jangan jadikan hal itu sebagai sesuatu akan membuat semangat dan impian yang kamu inginkan selama ini jadi pupus sirna dalam sekejap.

Pada dasarnya kunci untuk menjadi seorang pebisnis yang sukses adalah fokus dan konsistensinya pada bidang yang ditekuni dan ini dibentuk melalui tahapan yang panjang serta pengalaman yang dimiliki.

Lain hal jika kamu sebelumnya adalah pebisnis namun bukan berada dalam bidang retail, dan ingin mencoba peruntungan dalam bidang ini kamu setidaknya sudah ada modal di awal sehingga sudah mengetahui sedikitnya mengenai dunia bisnis itu seperti apa, keadaan pasar itu bagaimana, dan yang lainnya.

Jika kamu masih belum mengetahui hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan untuk memulai bisnis retail, ulasan di bawah ini bisa menjadi panduan untuk kamu ikuti.

 

  • Carilah Lokasi yang Strategis sebagai Tempat Usaha

 

Lokasi yang strategis adalah salah satu kunci yang bisa membuat bisnis yang kamu jalankan dapat berjalan dengan baik atau tidak. Jangan sampai salah memilih lokasi.

Logika sederhananya seperti ini, kamu baru berbisnis retail dan ingin agar produk yang kamu sediakan bisa dibeli oleh orang banyak, mungkinkah kamu akan mencari tempat yang sangat sulit ditemukan? mencari tempat yang sulit dijangkau akses transportasi umum?

Tentu tidak bukan. Pastinya kamu harus mencari tempat yang mendukung akses transportasi yang mudah.

 

 

  • Harga ¬†Barang ¬†yang Terjangkau

 

Jika kamu sudah menjadi pemain dalam bisnis retail, pastinya sudah banyak pesaing yang ada dan tentu mereka lebih berpengalaman dalam meracik strategi agar bisa memenangkan hati konsumen.

Prinsip konsumen adalah mencari barang dengan harga semurah-murahnya agar tidak mengeluarkan cost yang berlebih.

Namun jika kamu ingin merajai pasar, cobalah menyediakan barang dengan harga yang murah namun tetap memiliki kualitas yang baik dengan begitu bisnis retail kamu akan mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan pesaing lainnya.

 

 

  • Lakukan Manajemen Toko yang Efisien

 

Untuk yang satu ini sebaiknya anda melibatkan diri untuk mengatur dan membuat berbagai jadwal yang diperlukan mengenai toko retail yang anda miliki.

Dengan adanya manajemen yang baik akan membantu anda untuk tetap memegang kendali dan tetap melakukan pengawasan.

Jangan lupa untuk memikirkan progam kasir yang akan digunakan agar karyawan toko anda bisa dengan mudah menghitung transaksi dengan konsumen.

 

  • Jangan Lupakan Fasilitas & Perlengkapan Lainnya

 

Berbagai fasilitas & perlengkapan lainnya untuk melengkapi bisnis retail di toko kamu seperti barcode scanner, kertas struk, printer POS, hingga cash drawer harus ada untuk mendukung efisiensi dan profesionalitas.

Sehingga para konsumen akan puas melihat kelengkapan yang mendukung dalam toko kamu dan mereka tidak akan segan untuk membeli barang yang ada.

 

 

  • Jalin Relasi yang Luas

 

Akan lebih baik jika kamu bisa mendapatkan banyak relasi sehingga dari situlah berbagai kesempatan bisa kamu dapatkan untuk mengenalkan bisnis retail yang sedang kamu rintis.

Dan ini menjadi peluang yang menguntungkan karena mungkin saja dari relasi yang kamu jalin mereka bisa membantu mengantarkan konsumen pada toko retail yang kamu miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *