Inspirasi Desain Interior Kamar Anak

Mendesain interior kamar anak adalah pekerjaan yang rumit. Di satu sisi Anda ingin mengedepankan nilai estetika rumah dengan mengupayakan agar interior kamar anak selaras dengan interior rumah. Namun di sisi lain, Anda ingin anak Anda juga ikut terlibat dalam mendesain interior kamar mereka masing-masing agar mereka betah di kamar dan memiliki pride atas kamar tersendiri. Namun jangan khawatir, simak tips dan inspirasi dalam mendesain interior kamar anak yang sesuai bagi selera anak dan nilai estetika rumah secara keseluruhan berikut ini!

  • Biarkan Anak untuk Berpartisipasi

Mendengarkan saran dan ide anak mengenai kamar seperti apa yang merkea ingin miliki adalah ide yang sangat bagus karena Anda dan anak dapat saling bertukar pikiran dan berbagi pendapat satu sama lain sehingga hasil jadi akan seperti apa kamar anak Anda nanti merupakan hasil keputusan bersama dan tak ada satu pihak pun yang merasa dirugikan ( win win solution).

  • Lampu Tidur Is A Must

Memasang lampu tidur di meja atau laci sebelah ranjang anak adalah sesuatu yang wajib Anda lakukan. Hal ini disebabkan oleh anak cenderung takut untuk tidur dalam ruangan yang gelap total namun mata mereka butuh istirahat dari cahaya saat tidur sehingga memasang lampu tidur yang redup adalah solusi yang terbaik untuk dilakukan.

  • Jauhkan Peralatan Elektronik dari Air

Teruntuk Anda yang memiliki anak usia balita, penting sekali bagi Anda untuk memastikan bahwa tidak ada potensi korslet di kamar Anda. Anda dapat mengakalinya dengan cara menempatkan stop kontak di daerah yang aman dan sulit dijangkau anak kecil, tidak menempatkan akuarium di dalam kamar anak kecil.

  • Ruangan untuk Belajar dan Istirahat

Apabila anak Anda berada di usia sekolah, jadikan kamar anak sekaligus tempat ia belajar. Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara menempel poster perkalian dan pembagian matematika dasar atau map dunia di dinding ruangan, menempatkan meja belajar dan rak buku di sudut kamar dan lain sebagainya.

  • Menggunakan Wallpaper Motif sebagai Penghias Dinding

Anak-anak cenderung lebih cepat bosan dibandingkan dengan orang dewasa. Anda tentu tidak mau anak-anak Anda merasa bosan dengan kamar tidur masing-masing, bukan? Hiasi dinding kamar anak Anda dengan wallpaper warna-warni atau motif yang disukai oleh anak Anda. Namun, jangan sembarang pilih wallpaper. Harga yang selangit tidak menjamin kualitas wallpaper yang baik. Pilih jenis wallpaper yang memiliki tingkat kekuatan dan ketahanan paling baik dengan harga yang masuk akal sehingga Anda tidak merugi.

  • Menggabung Kamar untuk Dua Anak? Kenapa Tidak!

Apabila Anda memiliki anak lebih dari satu dan usianya berdekatan, tidak ada salahnya untuk menggabung kedua kamar anak sekaligus ke ruangan yang lebih besar. Hal ini selain untuk menghemat ruang, juga agar hubungan persaudaraan antar anak Anda terjalin harmonis. Belum lagi ditambah fakta tidak jarang anak kecil yang takut untuk tidur sendirian. Namun, ada baiknya Anda tetap menjaga privasi anak-anak Anda dengan cara memasang pembatas ruangan walaupun tidak memisahkan antar kamar sepenuhnya. Pilihlah pembatas ruangan atau partisi yang sesuai dengan desain interior kamar anak-anak Anda agar menambah estetika dan keceriaan kamar anak-anak Anda.

Nah dengan demikian, meskipun kamar digabungkan dengan saudara kita. Anda masih bisa bermain game, tanpa mengganggu teman tidur Anda 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *