Keuntungan, Ketika Anak Menggunakan Kartu Kredit!

 Menjadi pengguna aktif kartu kredit merupakan hal yang wajar dilakukan oleh masyarakat. Kartu sakti ini sudah menjadi kebutuhan wajib dan gaya hidup bagi banyak warga di kota – kota besar. Demi alasan kemudahan, kenyamanan dan kebebasan banyak orang tua yang kini sudah mulai memberikan kesempatan kepada anaknya untuk memegang dan menggunakan kartu kreditnya sendiri. Namun sayangnya sebagian besar dari mereka memberikannya tanpa diberikan pembekalan dengan baik. Sehingga anak – anak justru semakin tidak terkendali untuk menggunakan kartu kredit tersebut.

Meskipun begitu, masih ada sisi positif yang akan timbul ketika kita memberikan kesempatan kepada anak untuk mengelola dan menggunakan kartu kredit Panin sendiri. Kartu sakti ini bisa dijadikan sebagai sumber pembelajaran untuk mendidik anak agar lebih pintar dalam mengelola keuangannya. Berikut beberapa dampak positif dan keuntungan anak menggunakan kartu kredit sendiri.

Menanamkan Sikap Tanggungjawab

Memberikan kepercayaan kepada anak untuk memakai kartu kredit telah melatih dan menanamkan rasa tanggung jawab pada anak dalam mengelola keuangannya sendiri. Orang tua tetap harus mengawasi dan memantau bagaimana cara anak melaksanakan kepercayaan dan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Meskipun akan memiliki kebebasan untuk menggunakannya, jangan lantas membuat kita sebagai orang tua lepas tangan tanpa melakukan pendampingan.

Belajar Membuat Rekan Jejak Yang Baik

Pada dasarnya kartu kredit merupakan utang kepada bank. Jelaskan dan ajari mereka agar mereka menjadi nasabah yang baik dengan cara belajar membangun rekan jejak kartu kredit yang baik. Dengan begitu mereka akan lebihg mengerti pada saat apa dan bagaimana cara mereka untuk menggunakan kartu kredit yang diberikan dengan bijak, tidak hanya memandang sisi negatifnya saja.

Belajar Mengendalikan Diri

Anak – anak cukup rentan akan godaan, baik itu berasal dari pergaulan, media sosial hingga iklan. Hal ini berarti mengharuskan anak untuk mengendalikan diri ahgar tidak mudah tergoda dengan mencoba sesuatu atau membeli hal baru yang sebenarnya tidak mereka butuhkan. Berikan pemahaman bahwa kartu kredit bukan merupakan uang yang dikeluarkan oleh orang tua, tetapi hutang kepada bank yang harus dibayar, semakin sering kartu tersebut digunakan maka semakin banyak utang yang harus dibayar.

Berikan pendampingan dan pengawasan secara rutin agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. Sebelumnya lakukan pengecekan dengan baik akan kondisi keuangan keluarga sebelum memutuskan untuk memberikan kartu kredit kepada anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *