Komputer Anda Sering Me-Restart Sendiri ? Ternyata Inilah Penyebabnya

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa PC milik kita pernah me-restart dengan sendirinya, yang terkadang mambuat kita merasa gemes terhadapnya. Bagaimana tidak gemes, disaat kita sedang serius-seriusnya mengerjakan tugas, tiba-tiba komputernya me-restart dengan sendiri. Bahkan, hal itu kerap terjadi berulang-ulang saat kita hendak memakainya. Lantas, apa penyebab utama sehingga komputer kita sering me-restart dengan sendirinya ? Nah bagi anda yang belum mengetahui seluk beluknya, berikut dibawah ini ada beberapa penyebab komputer yang sering me-restart sendiri :

  1. Arus Listrik

Hal pertama yang harus anda curigai adalah bagian arus listrik, dengan cara menggunakan AVO meter untuk mengetahui berapa tegangan voltase yang kita dapatkan. Colokkan kabel avo meter pada saklar, kemudian akan muncul barometer berupa angka. Apabila angkanya hanya mencapai 190 voltase, maka power supply pada PC tidak merasa puas dengan asupan aliran listriknya. Alhasil, komputer anda pun akan me-restart secara terus menerus. Lalu bagaimana cara mengatasi PC restart tersebut ? Disarankan bagi anda untuk memakai stabilizer, agar tegangan listriknya tetap stabil meskipun mengalami naik turun.

  1. Power Supply

Seperti yang sudah dikatakan diatas tadi, bahwa power supply sangat erat kaitannya dengan PC yang sering me-restart tersebut. Power supply yang sudah lama tidak berganti, akan menghambat jalannya aliran listrik kedalam komputer. Dengan demikian, tak heran jika PC milik anda sering me-restart sendiri. Maka dari itu, kita harus membeli power supply yang baru ketoko-toko komputer terdekat.

  1. Kapasitas RAM Yang Tidak Memadai

Apakah anda hobi bermain jenis game yang filenya besar namun kapasitas RAM-nya tidak memadai ? jangan heran jika PC milikmu sering me-restart dengan sendirinya. Sebab, RAM yang kapasitasnya kecil itu memaksa ia untuk bekerja lebih keras lagi, sehingga anti virus akan melahap soucre PC dengan porsi yang sangat banyak. Selanjutnya komputer anda sering terjadi Lag yang disertai dengan blue screen, akibat tidak mampu menahan beban file game yang terlalu besar. Secara otomatis, hal itu juga akan berimbas dimana komputer anda akan me-restart dengan sendirinya. Dengan kata lain, anda harus memiliki RAM yang kapasitasnya besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *